"HASDUK BERPOLA : JANJI PEJABAT TAK SETEGUH JANJI PRAMUKA"

01.29

Dunia perfilman Indonesia kembali diramaikan dengan kehadiran film baru berjudul “HASDUK BERPOLA” maha karya dari sutradara muda Harris Nizam. Setelah sukses dalam menyutradarai film “ SURAT KECIL UNTUK TUHAN” yang merupakan film terlaris tahun 2011,kali ini Haris Nizam mengambil tema yang berbeda. Hasduk Berpola memiliki magnet tersendiri untuk menarik penonton karena film ini bertajuk tema kepramukaan yang sangat menggugah rasa nasionalisme. Selain itu, artis yang berperan dalam film ini juga sangat lihai membawakan karakter yang diperankan. Artis-artis yang bermain dalam film ini antara lain : Idris Sardi, Niniek L. Karim, Iga Mawarni, Petra Sihombing, Alisia Rininta, Calvin Jeremy dan masih banyak lagi. Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Budi yang berjuang untuk memenangkan lomba pramuka untuk mengalahkan Kemal, walaupun Budi sedang dalam keadaan keuangan yang sulit. Kakek Budi (Masnun) adalah seorang pahlawan yang ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan di Surabaya. Namun sekarang kehidupannya terlunta-lunta, dan memutuskan untuk pulang kampung ke Bojonegoro bersama anaknya, Rahayu yang merupakan janda yang memiliki 2 anak (Budi dan Bening). Budi memiliki adik bernama Bening yang rela mengorbankan barang kesayangannya untuk dijual dan uangnya digunakan kakaknya untuk membeli peralatan pramuka.Berikut data-data Film "Hasduk Berpola" :
  • Sutradara : Harris Nizam
  • Produser : Sarjono Sutrisno
  • Penulis : Bagas D. Bawono, Kirana Kejora
  • Pemain : Idris Sardi, Iga Mawarni, Petra Sihombing, Alisia Rininta, Calvin Jeremy
  • Genre : Drama, Nasionalisme
  • Durasi : 100 menit
  • Produksi : Aletta Pictures
  • Tanggal Rilis : 21 Maret 2013
Kisah tersebut sungguh bertolak belakang dengan kedaan pemerintahan Indonesia saat ini. Beberapa waktu lalu, beberapa daerah di Indonesia diramaikan oleh Pilkada. Sudah dipastikan akan banyak calon kepala daerah yang dengan mudahnya mengumbar janji layaknya mengobral pakaian di pasar loak. Janji-janji itu memang menjadi senjata terampuh yang digunakan oleh para politikus ini. Tak seperti janji setia pramuka pada bangsa dan negaranya yang dipegang teguh dengan penuh kobaran semangat, para politikus ini akan membuang begitu saja janji yang telah mereka buat sendiri apabila mereka benar-benar menjadi pejabat pemerintahan yang mengemban amanat rakyatnya. Seperti orang amnesia yang melupakan segala sesuatu yang pernah diucapkannya.
Janji peningkatan kesejahteraan rakyat adalah yang paling sering disebut-sebut saat kampanye. Tetapi, pada kenyataannya bukanlah peningkatan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan, melainkah kesejahteraan pejabat dan diri sendiri. Banyak kasus korupsi yang mulai terkuak. Terungkapnya kasus korupsi dari para pejabat kelas atas ini mampu membuat rakyat sedikit bernafas lega, karena setidaknya kasus korupsi akan berkurang. Walaupun begitu, apabila diamati lebih jeli ternyata kasus para koruptor itu hanya menggantung tidak jelas. Beberapa kasus akan digembor-gemborkan ke media massa pada awal terungkapnya kasus, namun akan hilang tertiup angina waktu tanpa meninggalkan jejak.
Sungguh aneh hokum di Indonesia. Maling ayam yang terpaksa mencuri karena untuk menyambung kehidupannya dan keluarga hukumannya akan lebih berat dibandingkan seorang koruptor yang mencuri uang rakyat milyaran rupiah. Belum lagi perlakuan spesial bagi para koruptor di penjara, mulai dari kamar VIP, bebas keluar masuk penjara sesuka hati dan lain-lain. Ketidakadilan dalam penegakan hukum di Indonesia ini menunjukkan betapa lemahnya hukum di bumi sriwijaya ini.
Semoga dengan adanya film Hasduk Berpola ini, para pejabat bisa mengintrospeksi dirinya. Semoga mereka bisa mengingat janjinya layaknya Budi yang teguh dengan janji terhadap bangsa. Film ini akan tanyang serentak di seluruh penjuru tanah air mulai tanggal 21 maret 2013. Semoga nasionalisme yang telah terpuruk akan bangkit dan berkombar layaknya semangat Budi. Saksikan kisah lengkapnya di bioskop-bioskop kesayangan anda. .

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook